Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yang datar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu system matematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional, seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”
Contoh Sketsa Perspektif yang dibuat oleh Leonardo da Vinci |
Perspektif tercipta karna keterbatasan jarak pandang mata kita dalam melihat objek, semakin jauh jarak mata kita dengan benda, maka semakin kecil penampakan benda tersebut bahkan akan hilang dari pandangan kita pada jarak yang sangat jauh. sebaliknya semakin dekat jarak mata dengan benda, maka akan semakin besar benda itu terlihat.
Perspektif atau sudut pandang merupakan teknik atau metode untuk menggambar objek-objek berupa benda, ruangan (interior) dan lingkungan (eksterior) yang ukurannya lebih besar dari manusia.
Dua hal penting yang harus diperhatikan sebelum menggambar perspektif adalah:
1. Titik hilang (Vanishing Point), yaitu titik terjauh dari jangkauan. jarak pandang mata dan titik hilang selalu terletak di dalam garis horizon
2. Garis Horizon (Horizon Level), yaitu garis khayal mata (tidak nyata). di mana posisi mata kita berada, di situlah garis horizon berada.
2. Macam - Macam Perspektif
Pada dasarnya ada 3 macam perspektif, perspektif satu titik hilang, dua titik hilang dan tiga titik hilang, namun ketiga perspektif tersebut bisa dibagi lagi menjadi berbagai sudut pandang berdasarkan posisi mata kita berada. lebih sederhananya, sudut pandang/perspektif bisa dibagi menjadi 3 macam sudut pandang, yaitu :
a. Perspektif dengan sudut pandang normal
Sudut pandang normal, diri kita seolah-olah berdiri normal memandang lurus kedepan.
b. Perspektif dengan sudut pandang mata burung
Pada sudut pandang mata burung, maka kita seolah-olah berada di atas dan melihat objek yang berada di bawah
c. Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
Sudut pandang mata kucing, seolah-olah kita dalam posisi tiarap dan melihat ke depan sehingga objek bagian atas akan terlihat lebih dominan
Contohnya sebagai berikut.
A. Perspektif satu titik hilang
- Perspektif dengan sudut pandang normal
- Sudut pandang interior (ruangan)
- Perspektif dengan sudut pandang normal
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata burung
- Sudut pandang interior (ruangan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata burung
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
- Sudut pandang interior (ruangan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
B. Perspektif dua titik hilang
- Perspektif dengan sudut pandang normal
- Sudut pandang interior (ruangan)
- Perspektif dengan sudut pandang normal
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata burung
- Sudut pandang interior (ruangan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata burung
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
- Sudut pandang interior (ruangan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
C. Perspektif tiga titik hilang
- Perspektif dengan sudut pandang mata burung
- Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata burung
- Sudut pandang interior (ruangan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata burung
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
- Sudut pandang interior (ruangan)
- Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
- Sudut pandang eksterior (lingkungan)
C. Perspektif tiga titik hilang
- Perspektif dengan sudut pandang mata burung
- Perspektif dengan sudut pandang mata kucing
C. Tahap Menggambar
- Buatlah garis horizon di bagian atas bidang gambar.
- Letakkan titik hilang di dalam garis horizon. Letak garis titik hilang bisa di manapun, di pinggir/ di tengah bidang gambar.
- Buatlah garis batas ruangan/ dinding dengan patokan garis berasal dari titik hilang tersebut.
- Gambarlah beberapa bangun dasar yang juga berpatokan pada garis dari titik hilang tersebut. Menggambarnya harus dengan perencanaan. Karena abngun dasar ini dijadikan gambar objek benda.
- Gambarlah seluruh detail benda dengan patokan komposisi pada bangun dasar.
- Gambarlah seluruh detail benda dengan patokan komposisi pada bangun dasar.
- Arsirlah seperlunya untuk memberikan kesan tiga dimensi, volume, dan karakter benda.
Bagi yang masih bingung berikut tutorial dalam bentuk video singkat menggambar perspektif, durasi tidak sampai 5 menit.
1. Perspektif titik satu hilang
2. Perspektif titik dua hilang
3. Perspektif titik tiga hilang
4. BONUS: Perspektif lima titik hilang (Fish Eye Perspektif)
mantap bos
BalasHapusterima kasih sangat membantu saya mengajar art 2D.
BalasHapus